Berita

Diskominfo dan Persandian Aceh Gelar TOT Web Gampong Tahap II di Bireuen

August 01, 2019


Website Gampong dengan domain Gampong.id merupakan aplikasi yang dibangun oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh pada tahun 2018.

Dimana aplikasi ini terus dikembangkan oleh Tim Pengembangan Aplikasi Sistem Aplikasi Aceh Terpadu (SIAT) pada Dinas Kominfo dan Persandian Aceh.

Advertisement

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh, diwakili Kadis Komunikasi, Informatika dan Persandian Bireuen M. Zubair, SH., MH pada pembukaan secara resmi kegiatan Training Of Trainer (TOT) Tahap II Tahun 2019.

Prosesi pembukaan kegiatan yang bertemakan “Dengan TOT Web Gampong Kita Optimalkan Pembangunan Gampong Yang Akuntabel, Terbuka Dan Berpihak Pada Maayarakat Gampong”
berlangsung di Hotel Djarwal, Rabu (31/7/2019).

Zubair menjelaskan, ada beberapa kelebihan web gampongi.id ini, diantaranya Dikelola langsung oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Kominfo dan Persandian Aceh. Menyediakan fitur Helpdesk yang akan membantu para operator jika menemui masalah.

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah bahwa Pemerintah Kabupaten/Kota tidak perlu meng-anggarkan biaya iuran penggunaan Domain dan Hosting selamanya.

Disampaikan, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian terus berupaya mencari jalan keluar agar tercapainya tujuan yang kita inginkan didalam mensukseskan penerapan web gampong ini, hal ini kami laksanakan adalah dalam rangka mendukung program Pemerintah Aceh, Khususnya Program Aceh SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu).

Hari ini. Kata Zubair. Akan menyerahkan akun Web Gampong kepada trainer dari unsur Kominfo, dengan harapan agar pihak Pemda Kabupaten/ Kota dapat leluasa dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penggunaan web gampong ini dan bermanfaat bagi kita.

Sebelumnya, Kasi Pengembangan Ekosistem Egoverment Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Aceh, Iman Jaya ST melaporkan, kegiatan ini berlangsung selama dua hari (31/7-1/8-2019).

TOT ini diikuti 46 orang sebagai peserta dari 6 kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bireuen, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara dan Kota Banda Aceh, peserta terdiri dari unsur Diskominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, unsur kecamatan kabupaten/kota.

Materi kegiatannya yang diberikan yaitu, Informasi umum (level akses, informasi website gampong dan front end). Artikel (berita produk wisata dan artikel lain). Halaman (profil lembaga dan halaman lain) Ekstra (galery).

Pengaturan (tampilan pengguna). Metode penyampaian materi disampaikan dengan cara presentasi, simulasi, praktek oleh narasumber dari trainer tim pengembang perangkat lunak pendukung SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu) pada Dinas Kominfo dan Persandian Aceh.

Maksud dan tujuan Kegiatan TOT Web Gampong ini digelar, yaitu untuk peningkatan sumber daya manusia dibidang teknologi informasi dan komunikasi pada satuan kerja perangkat kabupaten/kota, khususnya dalam mengelola website gampong.

“Semoga hasil yang diharapkan dalam TOT ini, menghasilkan tenaga trainer web gampong dari kabupaten/kota yang nanti akan melatih admin dari gampong,” harap Iman Jaya

Berita Lain


Data Informasi Publik

Links